Sabtu, 18 April 2020

πŸ™‹ PRAKTIKUM DI FARMASI πŸ™‹


πŸ™‹ PRAKTIKUM DI FARMASI πŸ™‹



Halloo semuanya….. selamat datang di blogku. Disini aku akan sedikit sharing tentang perkuliahanku di jurusan farmasi. Di bangku kuliah, temen2 bakal lebih mandiri daripada di SMA, selain itu juga dituntut lebih disiplin, dan juga belum lagi dosennya banyak tuh, jadi harus bisa mngerti karakteristik tiap dosen. Kalo denger kata farmasi pasti temen2 langsung kebayang obat kan. Ternyata di farmasi itu gak cuma belajar obat doang kok, tapi juga belajar anatomi dan fisiologi , patologi juga. Di farmasi temen2 bakal terbiasa yang namanya praktikum berjam-jam dan pastinya hari-hari bakal ditemani dengan laporan. Temen2 juga belajar memanajemen waktu, jadinya tiap malem minggu ato tengah malem gak melulu ngerjain laporan, jadinya kan kalo tengah malem bisa dipake buat tidur yang cukup.
Di farmasi temen2 bakal belajar formulasi, gimana caranya buat pulveres, obat dalam bentuk kapsul, tablet, suppositoria, dll. Yang tadinya temen2 cuma bisa nerima doang kalo beli obat , nah disini temen2 jadi tau tuh cara buatnya gimana. Temen2 juga bisa ngembangin bakat di bidang non akademik lewat UKM atau juga bisa belajar berorganisasi. Salah satu praktikum yang menjadi favorit saya yaitu farmakologi. Di praktikum ini teman2 diajarin gimana caranya memberi obat pada tikus, bisa melalui mulut ataupun disuntik dibagian perutnya. Ya seru deh pokoknya..hehe.. Tmen2 yang tadinya gak berani ato gak bisa pegang tikus, bisa belajar.. Gk cuma tikus, ada mencit, dan kelinci juga Sebagai hewan uji.  Jadi selama mengikuti praktikum itu temen2 bakal sering bekerja di lab dengan ditemani makhluk2 mungil itu. Bahkan bisa dibilang mereka memegang peran penting dalam kelancaran hasil dari praktikum teman2. 
Jurusan farmasi pun memiliki lapangan pekerjaan yang menjanjikan, bias di bilang setelah lulus kuliah nanti kalian bias langsung mendapat pekerjaan, entah itu di sebuah apotek, klinik, ataupun rumah sakit. Selain memiliki lapangan pekerjaan yang baik, jurusan farmasi pun sangat bermanfaat untuk kita pribadi, misalnya ketika kita sakit batuk pilek atau mungkin saudara kita yang sedang sariawan atau diare (penyakit ringan), kita bisa mengobatinya sendiri tanpa perlu ke dokter dan mengeluarkan biaya yang pastinya cenderung lebih mahal . Jadi buat kalian yang masih bingung untuk memilih jrusan kuliah, enggak ada salahnya jika kalian memasuki jrusan farmasi ini, karena prospeknya benar benar menjanjikan. So.. sekian sharing dari aku, semoga bermanfaat .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CARA MENCEGAH STRESS SAAT CORONA

Hai gais pasti pada tau kan dunia sedang mengalami ketidakpastian akibat wabah virus corona ?  Kecemasan akan sebaran virus yang b...