Sabtu, 18 April 2020

👋PENGALAMAN PKM 👌


👋PENGALAMANKU MENGIKUTI PKM 👌



Hay semuanya…. Disini aku akan sedikit sharing tentang pengalamanku ketika aku mengikuti Program Kreativitas Mahasiswa (PKM). PKM itu adalah Program Kreatifitas Mahasiswa yang diselenggarakan setiap tahun oleh Depdiknas, tujuannya agar mahasiswa dapat menerapkan kemampuan akademik, kemampuan berpikir, kemampuan berkomunikasi, dan management skill yang diajarkan dibangku kuliah, agar ketika lulus dari Perguruan Tinggi nanti memiliki kecepatan dalam menemukan solusi persoalan dilapangan.
PKM itu dibagi kedalam beberapa jenis kegiatan, yaitu :
1.      PKM P (Penelitan) tentang pengembangan ilmu
2.      PKM KC (Karsa Cipta) tentang rekayasa teknologi
3.      PKM T (Teknologi) tentang Usaha Kecil Menengah
4.      PKM M (Pengabdian Masyarakat) tentang masyarakat umum
5.      PKM K (Kewirausahaan) tentang lapangan kerja
Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi ketika akan mengikuti kegiatan PKM, yaitu  pengusulnya terdiri dari 3-5 orang, halaman yang diajukan maksimal 15 lembar, warna covernya menyesuaikan berdasarkan jenis PKM yang diikuti, biaya maksimal yang diajukan sebesar 10 juta (untuk PKM jenis GT dan AI tidak perlu mengajukan permohonan biaya), ada cv dari seluruh tim beserta dosen pembimbing yang telah ditandatangani, lembar pengesahannya juga harus lengkap dengan cap dan tandatangan, dan jangan lupa format/struktur penulisannya juga harus sesuai dengan buku panduan. Jadi nanti hasil PKM yang dikirimkan akan direview apakah layak atau tidak, kalau layak akan didanai untuk dilaksanakan (untuk PKM AI/GT diberikan hadiah insentif sebesar 3jt), nanti waktu ide itu dilaksanakan akan di monitoring dan evaluasi oleh juri, dan jika memenuhi syarat maka akan diundang ke PIMNAS (Pekan Ilmiah Nasional) untuk dipresentasikan, jika semua syarat memenuhi maka akan mendapatkan juara serta diberikan penghargaan. Pastinya seruu kan, kalian bisa mengasah kreatifitas kalian dalam bereksperimen, nahh waktu itu aku mengikuti jenis PKM Penelitian, kelmpok kami mengambil tema nano gel belimbing wuluh yang dijadikan sebagai antikomedo. Walaupun ketika lomba pemaparan kami tidak bisa menjadi juara, tetapi aku pribadi ikut senang karena dengan mengikuti kompetisi seperti ini,.. aku bisa lebih berpengalaman dan mendapat banyak teman baru. Kebetulan untuk juara satunya berasal dari prodiku yaitu Prodi Farmasi, rasanyaa aku ikut bangga dengan kemenangan itu …. Yupss jadi sekian sharing yang bisa aku sampaikan, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CARA MENCEGAH STRESS SAAT CORONA

Hai gais pasti pada tau kan dunia sedang mengalami ketidakpastian akibat wabah virus corona ?  Kecemasan akan sebaran virus yang b...