Sabtu, 18 April 2020

👴KUNJUNGAN KE PANTI JOMPO👵



👴KUNJUNGAN KE PANTI JOMPO👵





Hay semuanya.. disini aku akan sedikit sharing tentang pengalamanku pergi ke panti jompo pada bulan Oktober tahun lalu dalam rangka untuk memenuhi salah satu tugas kuliahku. Di Indonesia, panti jompo merupakan pilihan sebagian masyarakat untuk orang-orang lanjut usia (lansia) menjalani hari tua. Lansia yang masih aktif melakukan kegiatan sehari-hari maupun yang secara fisik sudah terbatas karena penyakit kronis akan membutuhkan pendampingan untuk dapat hidup sejahtera, nyaman, dan berkecukupan. Hal ini terjadi dikarenakan kesibukan sang anak dengan pekerjaan dan aktivitas setiap hari di luar rumah.
Ada cara untuk membantu orang tua menjalani hari-harinya selain menitipkannya ke panti jompo yaitu mencarikan perawat lansia untuk mendampingi aktivitas di dalam maupun luar rumah. Secara harfiah, perawatan lansia umumnya menjadi tanggung jawab keluarga, namun situasi ini dapat berbeda ataupun berubah di tempat-tempat yang mana keluarga inti terus disibukkan dengan rutinitas di luar rumah. Dalam situasi tersebut, mencarikan jasa perawat lansia bisa menjadi pilihan yang mudah dan tepat. Biasanya di negara-negara Barat, panti jompo menjadi pilihan bagi para lansia karena memungkinkan mereka untuk tetap dapat mandiri tanpa harus menggantungkan hidup kepada anak. Sementara di Asia, termasuk Indonesia, sebagian besar lansia hingga sekitar 90 persen lebih memilih hidup di rumah sendiri atau bersama anak. Walau demikian tetap ada fasilitas perawat lansia untuk mendampinginya.
Kegiatan yang aku lakukan bersama teman temanku yaitu meliputi acara sharing tentang kegiatan yang mereka lakukan di panti jompo, kemudian sharing tentang kehidupan mereka dan masih banyak lagi, tentunya moment sharing tersebut sangat berguna bagi aku dan teman temanku dalam memandang kehidupan dari sisi lain. Selain sharing kami pun juga bernyanyi bersama untuk mengibur para lansia yang ada disana. Jika boleh dibilang aku menjadi mengerti tentang perasaan mereka para lansia yang dititipkan oleh keluarganya disana, menurutku jika kita masih mampu merawat orang tua atau sanak sodara kita yang sudah berumur ada baiknya jika kita merawat mereka sendiri di rumah…, dengan merawat mereka di masa tua paling tidak  kita bisa sedikit membalas budi atas semua yang mereka lakukan kepada kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

CARA MENCEGAH STRESS SAAT CORONA

Hai gais pasti pada tau kan dunia sedang mengalami ketidakpastian akibat wabah virus corona ?  Kecemasan akan sebaran virus yang b...